Pages

Rabu, 16 November 2011

Resume : Perubahan Dan Perkembangan Organisasi

Setiap organisasi pasti membutuhkan yang namanya perubahan maupun perkembangan didalam organisasinya. Karena itu bisa membawa dampak baik pada organisasi itu sendiri, baik dari segi efektivitas, kinerja dan struktur organisasi tersebut. Memang tidak dipungkiri, perubahan selalu efek positif. Terkadang bisa membawa dampak buruk dengan adanya perubahan didalam organisasi.

Perubahan itu sendiri dibagi menjadi dua bagian, interval dan eksternal. Perubahan internal lebih kepada perubahan struktur, tujuan, aktivitas organisasi, dan lain- lain. Contoh yang bisa diambil, naiknya tingkatan atau jabatan seseorang di sebuah perusahaan. Perubahan eksternal lebih kepada perubahan secara keseluruhan atau global, yakni perubahan sistem ekonomi, teknologi baru, dan lain- lain.

Tujuan yang paling utama dari pengembangan organisasi adalah untuk merubah atau memperbaiki fungsi organisasi yang dirasa sudah harus diganti atau dikembangkan lagi. Karena sebuah organisasi tidak mungkin menggunakan struktur dan aktivitas kegiatan yang itu- itu saja.

Pengembangan organisasi bisa diterapkan kepada tiga jenis manusia. Yang pertama spesialis individu, maksudnya adalah orang yang ahli disalah satu bidang dalam organisasinya. Kedua, orang yang terkait langsung dilapangan yang telah merasakan kompetensi langsung antara kompetitornya. Terakhir para manajer yang sudah memiliki ilmu yang lebih tinggi didalam pengembangan organisasi.

Dampak positif yang bisa dirasakan dari adanya pengembangan organisasi ini salah satunya adalah penggunaan seluruh sumber daya manusia yang ada didalam organisasi tersebut. Karena disetiap organisasi pasti ada sebagian SDM yang kurang dalam kinerja sehingga tidak begitu difungsikan sebagaimana mestinya.

0 komentar:

Posting Komentar