Pages

Rabu, 30 April 2014

Ujung Genteng


Pantai Ujung Genteng Sukabumi – Daerah bagian selatan Jawa Barat memiliki salah satu tempat wisata yang paling digemari untuk dikunjungi oleh para backpaker saat weekend tiba. Objek wisata di jawa barat ini merupakan pantai yang termasuk dalam kawasan samudera hindia yaitu pantai ujung genteng sukabumi. Salah satu alasan mengapa pantai ujung genteng sukabumi masih sangat digemari oleh para backpaker, karena pantai ini masih memiliki warna air laut yang jernih dengan himpunan karang dan berbagai macam jenis ikan berenang yang tampak terlihat dengan mata telanjang. Hanya saja yang sangat disayangkan akses menuju pantai ujung genteng sukabumi masih belum dikelola dengan baik sehingga jalan untuk mencapai tempat wisata di jawa barat ini masih sempit dan rusak.
Rute menuju pantai ujung genteng sukabumi dari jakarta bisa ditempuh melaluiJakarta – Bogor – Ciawi – Cicurug – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Kiara Dua – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng – Cibuaya atau dengan menggunakan bus jurusan sukabumi yang memakan waktu sekitar 10 jam, namun jika menggunakan kendaraan pribadi biasanya hanya sekitar 7 jam. Jika menggunakan kendaraan umum menuju pantai ujung genteng maka selanjutnya dari sukabumi perjalanan bisa diteruskan menuju ke Lembursitu lalu dilanjutkan menuju angkutan umum ke arah ujung genteng. Sedikit berbagi pengalaman ketika telah sampai di daerah Surade  maka mampirlah untuk membeli makanan dan barang barang yang akan diperlukan selama jalan jalan ke pantai ujung genteng sukabumi, sebab jika memilih membeli segala keperluan saat telah sampai di daerah ujung genteng, harganya jauh lebih mahal dan sukit untuk menemukan ATM.
Setelah tiba di daerah Pantai Kalapa kondong yang hanya berjarak sekitar 15 menitan dari lokasi pantai ujung genteng, ada banyak sekali penginapan yang berjejeran disana seperti Pondok Adi, Villa Ujang, Pondok Hexa, dan juga Mama Losmen yang merupakan penginapan murah di ujung genteng favorit para backpaker. Dikarenakan letak penginapan yang sangat dekat sekali dengan pantai ujung genteng sehingga kita bisa dengan mudah menuju ke pantai, apalagi sunrise yang biasanya terlihat saat pagi hari sangat indah dari daerah ujung genteng. Sehingga banyak backpaker yang datang kesana lebih memilih untuk tidak tidur semalaman daripada harus melewatkan keindahan sunrise di pagi hari.
Selain pantai ujung genteng masih banyak sekali objek wisata di jawa barat yang berdekatan satu sama lain, seperti tempat penangkaran penyu yang ada di pantai ombak tujuh. Biasanya para backpaker sering datang ke tempat ini saat malam hari soalnya pada saat itu para penyu akan berbondong bondong datang ke pantai untuk bertelur. Dari penyu yang hanya berukuran 10cm sampai berukuran lebih dari 1 meter bisa disaksikan secara langsung di tempat penakaran penyu ini. Untuk tiket masuk ke pantai ujung genteng sebesar Rp 2.000 / orang dan tempat penakaran penyu Rp 6.000/ orang.


1 komentar:

Posting Komentar