Apa itu TELEMATIKA ?
Telematika berasal dari bahasa prancis “Telematique” yang merujuk pada
bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi
Informasi merujuk pada asrana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan,
pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian,
dan penggunaan data yang bermakna. Para praktisi menyatakan bahwa “Telematics” adalah
singkatan dari “Telecommunication” and “ informatics” sebagai wujud
dari perpaduan konsep Computin and Communication. Secara umum, istilah
telematikadipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau
GPS(Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan
teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih
spesifik, istilah telematikadipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road
vehicles dan vehicle telematics).
Siapa pengguna TELEMATIKA ?
E-goverment E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi
pemerintahan secara elektronik.
E-commerce Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara
elektronik.
E-learning Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh
(distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.
GPS sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan
sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan
sinyal gelombang mikro ke Bumi.
Kapan TELEMATIKA digunakan?
Telematika digunakaan sebagai sebagai penyampai informasi agar orang
yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya,
sehingga telematika digunakan kapan saja saat seseorang membutuhkan informasi
yang di inginkan.
Dimana TELEMATIKA digunakan?
Telematika digunakan dimana saja saat seseorang membutuhkan informasi
melalui teknologi telekomunikasi seperti internet ataupun GPS.
Apa fungsi TELEMATIKA ?
Selaras dengan pengertian telematika sebagai sarana komuikasi jarak
jauh, maka fungsi dari telematika antara lain :
1. Penyampai informasi. Telematika
digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi
menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia
akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan
kesadaran dan wawasan.
2. Sarana Kontak sosial hidup
bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan
kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara
peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika
menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa
yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
Kenapa TELEMATIKA diperlukan?
Telematika diperlukan karena memiliki fungsi sebagai penyampai
informasi agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan
dari sebelumnya, adanya interaksi sosial yang menimbulkan kebersamaan,
keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika juga menjadi
penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar
dimana-mana.
Bagaimana TELEMATIKA digunakan sehari - hari?
Untuk menggunakan telematika tidaklah terlalu sulit karena hanya
membutuhkan alat telekomunikasi, sehingga orang dapat mencari atau mengetahui
informasi yang ingin dicari. Telematika pada saat pertama kali ada menggunakan
pager, radio, telegraf, televisi, dan telepon. Untuk saat-saat ini telematika
digunakan dengan berbagai cara, seperti menggunakan media internet ataupun GPS.
0 komentar:
Posting Komentar